Kenapa Harus Kado?

Siapa yang tak kenal dengan istilah KADO, Kado merupakan benda yang wajib bawa ketika kita mendatangi pesta ulang tahun, pernikahan atau mengunjungi sanak family yang baru diberi momongan bayi mungil. Kado menjadi semacam barang wajib yang menunjukkan bahwa Anda memiliki rasa sayang dan empati kepada pihak lain. Kado biasanya berupa benda-benda fungsional atau benda lain yang menarik.

Demi orang tercinta, kita rela menyisihkan dana untuk belanja kado di mal atau bahkan keluar negeri untuk mencari kado menarik dan istimewa. Apalagi menjelang hari Natal, sebagian umat Kristiani sibuk membeli kado menarik untuk keluarga dan orang tercinta. Sungguh momen yang mengharukan ketika seluruh keluarga berkumpul di rumah dan saling berbagai kado.

Mencari hadiah di mal untuk kado orang tercinta itu mengasyikan. Kado yang cocok dengan karakter dan hobi merupakan salah satu rekomendasi yang tepat sehingga si penerima kado bisa surprise menerima kado dari Anda.
Sejarah Kado

Kegiatan memberi kado sebenarnya sudah berlangsung lama sekali. Dahulu, sejak zaman kerajaan, kado dikenal dengan upeti, yakni rakyat secara berkala memberikan benda yang berharga atau bernilai untuk diserahkan kepada rajanya sebagai bentuk loyalitas rakyat kepada rajanya. Demikian juga ketika ada tamu dari luar daerah yang ingin menghadap raja dan anggota kerajaan, syarat utamanya adalah membawa kado dari daerah asal yang bernilai tinggi sebagai bentuk penghormatan.

Demikian juga ketika kerajaan sedang menggelar acara atau pesta peringatan kenaikan tahta, ulang tahun, maupun kelahiran putra mahkota. Rakyat berbondong-bondong memberikan aneka kado untuk raja dan kerabatnya.

Lama kelamaan kado tak hanya diberikan kepada raja maupun orang yang terpandang saja. Kegiatan memberi dan menerima kado pun dilakukan di kalangan rakyat biasa. Ketika orang tercinta kita dan teman ada yang ulang tahun, menggelar pernikahan atau kelahiran, kita biasa memberikan kado. Sebaliknya, kita terkadang menerima kado dengan suka cita.
Tujuan Memberi Kado

Apa sih tujuan memberikan kado kepada orang-orang yang Anda cintai? Salah satunya adalah membuktikan bahwa Anda sayang dan peduli kepadanya. Berikut ini merupakan penjelasan-penjelasan tentang tujuan memberi kado saat momen-momen khusus.

Rasa sayang. Memberi kado kepada siapa saja merupakan salah satu wujud kasih sayang antarmanusia. Agar si A gembira saat ulang tahunnya, alangkah baiknya kita carikan kado yang menarik baginya dan si A menjadi terkesan terhadap perayaan ulang tahunnya termasuk aneka kado dari teman-teman dan saudaranya. Bentuk rasa sayang diberikan hadiah berupa barang yang memiliki nilai fungsi, menambah wawasan atau membantu dia bekerja sehingga memiliki kesan tersendiri. Bungkuslah kado Anda semenarik mungkin agar lebih menyenangkan saat diberikan kepadanya. Kado dengan kemasan yang menarik bisa menjadi pembedaan dengan kado-kado yang lain.

Menunjukan kepedulian. Memberikan kado pada momen-momen khusus menjadi bukti bahwa Anda sangat peduli terhadap orang yang dicintai. Misalnya mengunjungi saudara yang baru saja diberi momongan. Di sinilah fungsi kado menjadi lebih jelas, yakni menambah rasa kepedulian Anda terhadap kebahagiaan pasangan yang telah melahirkan bayinya dengan selamat.

Alat pengingat. Setiap momen indah sebaiknya juga meninggalkan sesuatu yang bisa diingat kembali. Pemilihan kado yang menarik menjadikan alat pengingat siapa yang memberikan kado. Kado menjadi saksi bisu dari perjalanan hidup manusia, apalagi kado itu berupa sesuatu yang berguna bagi hidupnya maupun kinerjanya. Mencari kado yang menarik perlu trik khusus. Luangkan waktu Anda untuk mencari sesuatu yang pas untuk dijadikan kado.

Memeriahkan suasana. Ulang tahun tanpa kado rasanya hambar sekali. Kado wajib ada pada setiap pesta ulang tahun siapa saja, tua maupun muda. Walaupun pesta ulang tahunnya dirayakan sederhana, tapi kehadiran kado menjadikan pesta ulang tahunnya meriah. Demikian juga dengan momen pernikahan. Memberi kado rasanya lebih berharga daripada sekadar menyelipkan amplop berisi uang. Harapannya kado yang kita berikan dapat berguna untuk melengkapi perabotan rumah tangga.

Sebenarnya masih banyak lagi acara-acara spesial di mana kado itu hadir guna melengkapi kebahagiaan.
Momen yang Tepat Memberi Kado

Berikut ini merupakan kebiasaan-kebiasaan dalam masyarakat Indonesia ketika kado 'berbicara' dalam acara spesial. Kado memberi warna lain dalam setiap acara yang digelar bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Di bawah ini merupakan contoh ketika kado mewakili perasaan.

Pernikahan. Salah satu acara yang paling dinanti dalam sejarah hidup manusia adalah menikah. Kado merupakan salah satu bentuk apresiasi para tamu undangan ketika menghadiri resepsi pernikahan. Sudah merupakan sebuah kewajiban ketika tamu resepsi pernikahan hadir dengan membawa kado masing-masing dari rumah.

Ulang tahun. Ulang tahun merupakan salah satu pesta yang sering digelar. Pesta ulang tahun merupakan wujud syukur manusia atas karunia. Kado dalam ulang tahun adalah wujud syukur dari orang tercinta yang peduli dan berharap ketika umur bertambah setahun, ada berubahan dan pencapaian dalam hidup.

Wisuda. Wisuda merupakan salah satu momen di mana kita bisa memberikan hadiah kepada orang terdekat yang baru diwisuda. Kado biasanya diberikan oleh pacar, teman kuliah maupun orang tua. Kado di hari wisauda merupakan bukti rasa terima kasih karena sudah berhasil menyelesaikan pendidikannya.

Memilih Kado yang Unik dan Memorable

Mencari kado merupakan kegiatan yang menyenangkan. Agar tepat memilih kado untuk seseorang, Anda harus memngikuti tip singkat ini. Jika membeli kado secara serampangan, dipastikan si penerima tak berkenan atau kado yang tak terpakai karena si penerima tak tahu cara memakainya atau belum butuh sehingga akhirnya disimpan di gudang dan tak tersentuh lagi. Berikut tip memilih kado.


Fungsional. Sebaiknya mencari kado yang bermanfaat dan langsung dipakai atau istilahnya fungsional. Janganlah membeli kado yang terlalu berlebihan atau tak cocok dengan penerima, misalnya memberikan kado ulang tahun pertama anak Anda berupa mainan mobil remote control. Atau memberikan kado berupa gadget canggih kepada orang tua kita yang sudah tua. Itu semua tak terpakai. Carilah kado yang menunjang kinerjanya, misalnya helm untuk pacar Anda yang setiap hari menggunakan motor untuk kuliah atau kerja. Belikan seperangkat perkakas kepada suami Anda yang gemar mengotak-atik mesin mobil dan masih banyak lagi.

Menambah wawasan. Pilihlah benda-benda yang bisa menunjang wawasan karena kado semacam itu akan berguna bagi penerima. Misalnya buku nonfiksi, alat peraga, kumpulan film dokumenter dan sebagainya. Kado seperti itu cocok untuk anak-anak maupun dewasa. Buku misalnya, selain merangsang minat baca buah hati Anda, secara langsung juga bisa membuka wawasan dia akan ilmu pengetahuan. Alat peraga misalnya globe bermanfaat memperkenalkan negara-negara lain dan mengajari geografi secara sederhana bahwa bumi itu bulat.

Membantu kinerja. Salah satu yang harus diperhatikan dalam memilih kado adalah carilah benda yang membantu kinerjanya. Misalnya kompas pencari arah, Global Positioning System atau netbook dan lainnya. Kado yang bermanfaat menunjang kinerja orang yang Anda cintai, dipastikan akan berkesan dan kelak benda itu pasti dijaga dan dirawatnya sampai kapan pun.