Jangan Lakukan Ini Saat Berpuasa

Image-7180Jangan Lakukan Ini Saat Berpuasa - Makan dan minum jelas bisa membatalkan puasa, tetapi ada juga hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan selama Ramadan. Sebab menghindari enam hal seperti yang dilansir dari A Muslim House (23/07) berikut ini akan membuat ibadah puasa semakin bermanfaat.

Makan berlebihan
Semua tahu puasa itu membuat lapar. Namun jangan berlebihan menikmati hidangan ketika berbuka. Mengonsumsi kurma sebelum salat Magrib dan baru makan besar setelah salat lebih dianjurkan agar tubuh lebih berenergi.

Meninggalkan Tarawih
Memang salat Tarawih sifatnya sunah yang tidak wajib untuk dijalankan selama bulan puasa. Namun menjaga semangat Ramadan untuk berpuasa dan salat Tarawih sebaiknya tetap dijaga agar pahala juga semakin bertambah.

Berpakaian tidak sopan
Memakai busana yang tidak sopan juga sebaiknya dihindari ketika bulan Ramadan tiba. Selain menjaga diri, berpakaian sopan pun akan mampu menjaga hati.

Menghindari hal-hal bersifat makruh
Meskipun tidak membatalkan puasa, ada beberapa hal yang bersifat makruh yang sebaiknya dihindari, misalnya berbohong, mengumpat, bergosip, dan ingkar janji.

Berbelanja berlebihan
Kebiasaan umat muslim saat bulan puasa tiba adalah berbelanja baju baru untuk lebaran. Namun berbelanja secara berlebihan karena ada diskon besar-besaran ada baiknya untuk dihindari agar tidak menyesal di kemudian hari.

Meninggalkan sahur
Makan sahur
merupakan berkat yang sebaiknya disyukuri. Meskipun hanya menikmati seteguk air, Anda dianjurkan untuk bangun pada saat sahur.

Demikian berbagai hal yang sebaiknya dihindari ketika Ramadan. Apakah Anda sudah melakukannya?