Tips Menghindari Kesalahan Konyol Saat Interview

interviewApa sih pekerjaan impian Anda? Di era digital ini, tentunya syarat mendapatkan sebuah pekerjaan tidak lagi sesimpel dulu. Berbagai sosial media seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn pun mulai dipertimbangkan perusahaan sebagai salah satu kriteria mencari pegawai. 

Anda juga bisa memanfaatkan segala hal yang ada di internet untuk mendapatkan pekerjaan impian. Simak tips selengkapnya mencari kerja di era digital seperti yang dilansir dari Mashable (21/07) berikut ini.

Lakukan riset
Sama seperti teknik perusahaan mengawasi akun sosial media calon pegawainya, Anda juga bisa melakukan riset tentang berbagai informasi dan aktivitas perusahaan melalui sosial media mereka.

Aktif berkomentar
Sekali lagi, jangan malas memanfaatkan akun sosial media milik perusahaan. Baik itu Facebook, Twitter, atau LinkedIn, aktiflah untuk memberi komentar pada beberapa postingan mereka. Hal ini dilakukan agar perusahaan tahu bahwa Anda sangat antusias dengan kegiatan mereka.

Blog
Beberapa perusahaan akan memberikan nilai plus bagi calon pegawai yang memiliki blog. Jadi, ayo bikin blog dan aktiflah memposting di sana!

Siap-siap
Hampir sama dengan proses wawancara kerja pada umumnya. Tunjukkan bahwa Anda sudah sangat siap untuk menjawab berbagai pertanyaan dari perusahaan. Coba temukan beberapa foto dalam sosial media perusahaan dan jadikan gaya berpakaian yang ada dalam foto tersebut sebagai panduan berbusana ketika wawancara kerja.

Datang lebih awal
Datang lebih awal ketika wawancara akan membuat Anda lebih siap. Namun ketika terpaksa terlambat, jangan lupa memberikan alasan kuat kepada perusahaan yang Anda lamar.

Fleksibel
Ada beberapa perusahaan yang mewajibkan calon pegawainya untuk melakukan training selama beberapa minggu. Jika Anda juga mengalami hal ini, bersikaplah fleksibel dengan menerima tantangan itu.

Terbuka
Saat wawancara, bagikan hobi, kesukaan, dan minat Anda di bidang pekerjaan yang ingin Anda tekuni. Dengan bersifat terbuka, ada kesempatan besar bagi Anda untuk melakukan pekerjaan impian.

Pikirkan karir, jangan hanya pekerjaan
Pekerjaan adalah sesuatu yang bisa dilakukan oleh semua orang. Tetapi karir lebih kepada kemampuan Anda dalam pekerjaan yang Anda tekuni. Fokuslah mengenai karir daripada hanya menyelesaikan pekerjaan demi kemajuan diri Anda sendiri.

Jangan lakukan kesalahan konyol
Beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk menghindari kesalahan konyol adalah mematikan ponsel saat wawancara, tidak mengunyah permen karet, duduk dengan benar, melakukan kontak mata, dan tersenyum!

Tetap berhubungan
Meskipun masa wawancara sudah usai, Anda tetap bisa berhubungan baik dengan perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui proses penerimaan pekerjaan.

Sudah melakukan semua itu tetapi tidak mendapatkan pekerjaan impian Anda? Jangan menyerah! Jadikan hal tersebut sebagai pelajaran berharga untuk mengejar karir yang lain.