3 Ungkapan Ortu Yang Tersirat

nasehat ortuSeperti juga kita, kadang-kadang apa yang dikatakan Mama Papa bukan apa yang ada di hati mereka sebenarnya. Alhasil, kita sering salah sangka dan berbuat sesuatu yang nggak menyenangkan untuk mereka. Makanya, kita mesti benar-benar mengerti apa yang mereka maksud, nih.


“Tanya Mama/Papa saja deh!”
Situasi: Diucapkan Mama atau Papa setelah kita meminta sesuatu. Misalnya minta dibelikan barang, atau izin pergi ke pesta teman, atau pergi liburan. Umumnya diucapkan dengan nada netral dan cool sehingga meninggalkan kesan menggantung.

Artinya: Kita sudah mendapat lampu hijau dari siapa yang kita tanya. Kalau kita bertanya sama Papa, berarti kita sudah berhasil meyakinkan Papa. Kita hanya perlu membujuk Mama supaya kita bisa mendapatkan apa yang kita mau.

"Kamu kok tumben nggak pergi?”
Situasi: Diucapkan waktu kita lagi asyik nongkrong di kamar atau di ruang TV pada suatu hari Sabtu atau Minggu. Umumnya diucapkan oleh Mama atau Papa tanpa embel-embel dan dengan nada kaget dan setengah menyindir.

Artinya: Kita bukan ditanya soal alasan kenapa ada di rumah hari itu. Sebenarnya kita lagi disindir karena keseringan pergi atau sibuk dengan berbagai kegiatan di luar rumah. Alhasil, kita jadi jarang bisa ngumpul bareng keluarga. Kita mesti mulai meluangkan waktu lebih banyak buat keluarga nih.

“Katanya kamu punya cowok ya?”
Situasi: Diucapkan nggak lama setelah kita menerima telepon, diantar pulang sekolah atau dijemput sama seorang cowok. Seringnya ditanyakan dengan nada penasaran tapi sekaligus juga tegas.

Artinya: Mama Papa sudah tahu nih soal hubungan kita dan si dia. Tapi, mereka khawatir banget karena kita belum cerita apa pun ke mereka. Padahal mereka mau tahu soal siapa cowok ini dan mau kenalan sama dia. Sepertinya sudah saatnya kita mengenalkan dia ke Mama dan Papa.