Jangan Menjadi Budak Diri Sendiri

ingin tampil sempurnaDefinisi cantik sebenarnya tergantung dari persepsi masing-masing individu. Tapi, karena tampilan di media dan iklan cenderung memajang tubuh langsing. Akibatnya banyak cewek yang mendambakan tubuh kurus, sampai 'membully' diri sendiri dengan penyakit eating disorder seperti bulimia dan aneroxia. Nggak sedikit juga yang jadi korban malpraktek obat pelangsing. Kondisi ini membuat bermunculan kampanye agar cewek-cewek lebih pede dengan tubuh mereka tanpa menjadikan momok tubuhnya adalah monster.

 

  • Jo Swinson dan Lynne Featherstone, duo politikus cewek dan anggota parlemen muda Inggris, membuat kampanye The Campaign for Body Confidence, yang bertujuan membuat para cewek Inggris menerima tubuh mereka apa adanya. Salah satu bentuk kampanye mereka adalah bekerja sama dengan para desainer ternama Inggris dan bikin acara fashion show All Walks Beyond the Catwalk. Dalam fashion show ini, para desainer membuat baju berbagai macam ukuran, yang bisa dipakai oleh model yang merupakan orang biasa dengan tipe tubuh berbeda-beda. Ada yang pendek, tinggi, kurus, gemuk, curvy, lurus dan sebagainya.
  • Bulan Februari 2010, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama meluncurkan kampanye Let’s Move. Kampanye ini mengajak semua orang untuk mencegah obesitas dengan cara berolahraga dan makan makanan sehat. Bukan dengan diet gila-gilaan atau minum obat kurus.
  • Di awal tahun 2007, host acara American Next Top Model, Tyra Banks mendapat celaan dari beberapa tabloid karena tubuhnya yang menggemuk. Sebagai balasannya, pada acara show-nya, The Tyra Banks Show bulan Februari 2007, Tyra menghadirkan penonton yang memiliki bentuk tubuh berbeda, tapi memakai baju yang sama persis. Tyra ingin menunjukkan bahwa baju apapun tetap terlihat pantas kok di tubuh yang beraneka ragam. Tyra dan para penontonnya itu pun kompak berkata "I'm not perfect. So what?!"