Hati-hati Nge-Tweet Kata Home!

twitterPengguna jejaring sosial khususnya Twitter pasti mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika terhubung dengan account mereka tersebut. Seperti yang dilansir Gizmodo (12/08), pengguna Twitter juga diharapkan untuk lebih berhati-hati ketika menuliskan kata home.

Dengan munculnya satu situs baru bernama WeKnowYourHouse.com, pengguna Twitter tidak dapat bebas lagi menuliskan kata home dalam twit mereka. Situs yang menggunakan Twitter Search API untuk mengumpulkan informasi ini dapat menampilkan alamat lengkap pengguna Twitter yang menuliskan kata home dalam twit mereka.

Tidak hanya kata home saja, seperti yang dituliskan dalam Gizmodo, semua kata yang mempunyai referensi atau sinonim kata home juga dapat terlacak dengan mudah. Tidak hanya menjadikan privasi sedikit terbuka, untuk urusan sekuritas, publikasi alamat atau lokasi pengguna Twitter juga sangatlah berbahaya.

Pengembang We Know Your House menjelaskan dalam situs resminya bahwa website mereka ini diciptakan tidak bertujuan untuk hal-hal yang negatif, namun lebih kepada mengajak para pengguna Twitter agar lebih bijak dalam menggunakan jasa layanan situs jejaring sosial tersebut.

Cara kerja We Know Your House mirip dengan prosedur yang digunakan ketika Twitter terhubung dengan FourSquare. Semua data lokasi dapat ditemukan dengan mudah dan cepat. Namun, nampaknya apa yang dapat dilakukan We Know Your House hanya terbatas pada pengguna handset saja karena tidak terdapat penjelasan bahwa pengguna PC juga dapat dilacak oleh situs ini atau tidak.