5 Langkah Setelah Blogging

Image634763393670781250Siapa yang tak mengenal blog? Saat ini, hampir semua orang seolah memiliki blog masing-masing. Blog bisa menjadi pekerjaan, hobi, kebutuhan, atau hanya sekedar tempat untuk memperbesar jaringan sosial. Jika Anda baru saja membuat blog, maka lima hal yang disarankan oleh Hellboundbloggers.com di bawah ini adalah hal yang harus Anda lakukan pertama kali.

1. Membuat sitemap
Sitemap adalah sebuah susunan link, post, dan halaman di situs blog Anda. Ini juga bisa digunakan sebagai media untuk memberitahu Google bahwa blog Anda siap untuk konten yang bisa ditempatkan di Google. Jika Anda tidak yakin bagaimana memulai membuat sitemap, maka Anda bisa menggunakan Google XML Sitemaps yang bisa membuatkan Anda sitemap secara otomatis. Jika blog Anda memiliki banyak konten video, maka Anda juga bisa membuat video sitemap untuk blog Anda.

2. Mendaftar di Google Webmaster Tools
Bagi para blogger "Tidak terlihat pada Google, berarti Anda tidak ada." Hal pertama yang Anda lakukan setelah membuat blog adalah mendaftar pada Google Webmaster Tools Service. Ini adalah cara yang mudah untuk mendaftarkan alamat blog Anda pada mesin pencari Google.

3. Menyediakan Feed yang benar
Feed adalah cara agar Anda terus terhubung dengan pembaca blog. Dengan feed, pembaca blog Anda akan terus mendapatkan konten terbaru dari blog Anda. Jumlah pembaca yang mendaftar pada feed bisa disebut sebagai pembaca setia blog Anda.

4. Tunjukkan identitas jejaring sosial
Saat ini akun jejaring sosial Anda juga dipertimbangkan untuk menentukan peringkat blog. Keberadaan jejaring sosial juga dianggap sebagai SEO yang bagus, dan Google menganggapnya sebagai nilai tambah bagi blog Anda.

5. Memperbarui isi blog dengan teratur
Mesin pencari selalu menyukai blog yang isinya terbarui secara teratur. Jika Anda baru saja membuat blog maka pastikan Anda mengisi blog Anda secara teratur, misalkan satu post setiap hari. Jangan tinggalkan blog Anda lebih dari satu bulan, atau nama Anda tak akan pernah ditemukan oleh mesin pencari.

Beberapa hal penting di atas akan membantu blog Anda dikenal dan mudah ditemukan oleh pembaca. Jadi, segera lengkapi blog Anda dengan hal-hal di atas. Happy blogging!