Status Pengangguran Membuat Anda Sulit Dapat Kerja

Image-7190Status Pengangguran Membuat Anda Sulit Dapat Kerja - Orang yang menganggur biasanya buru-buru mencari pekerjaan. Tetapi mengaku menjadi seorang pengangguran saat melamar kerja justru bisa membuat Anda susah diterima. Sebab pengangguran dinilai tidak punya kemampuan apa-apa dalam bekerja, demikian menurut studi terbaru.

Seperti yang dilansir dari Business News Daily (31/07), sebuah penelitian menyebutkan ada sudut pandang negatif perusahaan jika pelamar bilang mereka sedang menganggur. Meskipun terkesan diskriminatif, namun itulah kenyataan yang terjadi.

"Ya, kami menemukan pandangan negatif pada pengangguran, di antara para ahli sumber daya manusia dan di mata masyarakat," tutur peneliti Geoffrey Ho dari UCLA Anderson School of Management.

Memang perusahaan tidak bisa menyalahkan para pengangguran. Sebab ada banyak faktor yang mempengaruhi hal sensitif tersebut. Namun tetap saja, ada indikasi seseorang dinilai tidak berkemampuan hanya karena mereka tidak melakukan apa-apa.

Melalui studi ini, peneliti pun melakukan survey yang melibatkan 50 ahli sumber daya manusia. Para ahli tersebut kemudian diberi berbagai surat lamaran kerja. Di antaranya tertulis bahwa pelamar telah menganggur selama satu sampai beberapa bulan. Namun secara keseluruhan, para sumber daya manusia menggolongkan lamaran menjadi 'menganggur' dan 'tidak menganggur.'

"Para ahli sumber daya manusia tersebut takut mempekerjakan orang-orang yang kelamaan menganggur. Bisa saja itu mempengaruhi kinerja pegawai yang lain," terang Ho.

Ditolak dari perusahaan karena terlalu menganggur jelas membuat masa pengangguran semakin lama. Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mengubah hal itu?

"Lakukan apapun untuk bisa mengisi masa 'kosong' Anda. Entah itu magang, bekerja sukarela, aktivitas sosial, atau apa saja. Tulis dalam lamaran kerja. Dengan demikian Anda tidak akan terlihat sangat menganggur. Perusahaan pun akan mempertimbangkan untuk menerima Anda," demikian saran yang diberikan Ho.