Cara dan Waktu Yang Tepat Untik Minta Naik Gaji

Image-7485Cara dan Waktu Yang Tepat Untik Minta Naik Gaji - Wajar sekali ketika kita merasa gaji terlalu rendah atau tidak lagi mencukupi kebutuhan, kita ingin mendapatkan kenaikan gaji. Namun sering kali kita merasa ragu entah karena takut atau sudah merasa pesimis tidak diizinkan oleh atasan.

Sebenarnya ada trik tersendiri supaya kita bisa mendapatkan kenaikan gaji. Berikut panduannya:

Lihat dulu situasi (keuangan) perusahaan
- Satu hal yang harus jelas: jika Anda baru saja bergabung dengan sebuah perusahaan, Anda tidak seharusnya mengajukan permintaan naik gaji terlalu cepat. Kenaikan gaji perlu diperjuangkan. Lebih baik tunggu setidaknya enam bulan setelah bergabung dengan perusahaan baru, sebelum Anda mengajukan permohonan naik gaji.
- Untuk bisa berharap kenaikan gaji, Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah perusahaan sedang dalam kondisi bagus atau tidak.
- Cek nilai Anda. Cari tahu daftar gaji untuk mengetahui penghasilan rata-rata orang di usia Anda dan pengalaman profesi yang sama.
- Harapan kenaikan gaji rata-rata biasanya antara lima hingga 15 persen.

Waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji
- Wawancara kenaikan gaji tahunan adalah kesempatan bagus untuk mengangkat topik ini. Masalahnya, Anda bukanlah satu-satunya orang yang akan bicara tentang hal ini. Wawancara semacam ini biasanya mengambil waktu di akhir atau awal tahun. Di luar periode itu, permintaan Anda akan lebih diperhatikan karena datangnya di luar kebiasaan, dan karenanya kenaikannya?jika dikabulkan?mungkin akan lebih tinggi.
- Permintaan yang pas muncul ketika tugas Anda berubah di dalam perusahaan atau bidang tanggung jawab Anda diperluas. Anda akan dalam posisi lebih baik untuk membenarkan permintaan naik gaji Anda dengan menyebutkan tugas-tugas baru Anda. ???Memilih orang yang tepat
Bawalah topik kenaikan gaji ini dengan manajer di atas Anda. Dialah yang akan membuat keputusan terakhir, meski manajer Anda tetap memerlukan persetujuan atasannya pula. Bagaimanapun, manajer di atas Anda adalah pihak untuk mengevaluasi pekerjaan dan hasil yang telah Anda capai.

Persiapan untuk menegosiasi gaji
- Berlatihlah mengucapkan argumen Anda dan pertimbangkan bagaimana pihak lain akan menanggapi.
- Tulis bukti-bukti berfungsinya Anda bagi perusahaan.
- Kumpulkan daftar tugas-tugas baru Anda yang dijadikan alasan negosiasi.
- Ukur jumlah gaji bulanan Anda dengan gaji tahunan. Negosiasi gaji umumnya dalam gaji kotor tahunan.

Selama negosiasi
- Panduan: Awali dengan membicarakan tentang kontribusi yang telah Anda buat untuk perusahaan dan pencapaian-pencapaian target Anda. Persentasikan juga target masa depan Anda. Kemudian bawa topik gaji ini tanpa menyebut jumlah yang pasti. Meski normal terjadi negosiasi biasanya meliputi bentangan jumlah gaji atau campuran gaji tetap plus bonus atau komisi.  ?
- Atur gaya dan sikap bicara seperti saat Anda rapat yaitu penuh percaya diri. Bersikaplah positif dan yang penting?tersenyum! Ini akan memperlihatkan motivasi Anda. Tetap gigih tapi jangan agresif. ??

Kesalahan yang harus dihindari
- Hindari masuk dalam situasi konflik.
- Hindari dengan cara apa pun menyebut jumlah angka. Tunggu hingga atasan Anda menyebutkannya terlebih dahulu.
- Jangan membuat komentar apa pun yang kedengarannya mengancam, misalnya jika tidak mendapatkan gaji tersebut, Anda akan keluar. Anda akan kehilangan kredibilitas dengan cara ini.
- Jangan membandingkan dengan karyawan lain. Dengan cara ini, Anda akan terkesan mengkritik cara kerja atasan. ??Apa yang harus dilakukan jika ditolak?
- Coba untuk bernegosiasi keuntungan yang bisa didapatkan: misalnya liburan tambahan, jumlah jam kerja, atau fasilitas mobil kantor.
- Jelaskan bahwa Anda bersedia mendapatkan tanggung jawab dan tugas baru. Respon atasan akan memperlihatkan seberapa besar nilai Anda bagi perusahaan. Kemudian Anda bisa kembali mengajukan topik kenaikan gaji dalam setahun atau dua tahun lagi.
- Jika tidak ada perubahan dalam enam hingga 12 bulan kemudian, terserah Anda apakah Anda tetap tinggal atau pergi.  ??