Cara Pintar Kelola Gaji Bulanan

Image-7484Cara Pintar Kelola Gaji Bulanan  - Udah beberapa bulan ini rasanya koq dompet selalu tipis ya, kalau dihitung - hitung pengeluaran juga tidak banyak seperti bulan - bulan sebelumnya, sudah jarang sekali beli barang - barang yang sekunder tapi koq berasa kurang aja. Wah koq jadi kurang bersyukur nih, makanya langsung deh ditegur ma Allah kemarin. hihi. :$

Seteleh tanya - tanya mbah google gimana caranya berhemat dengan gaji yang pas - pasan nemuin banyak banget tips yang harus dilakukan. dicatat dulu ah, baru diprakekan bulan depan. hehe..

Cara Pintar Kelola Gaji Bulanan

-    Berbagi atau Zakat.
    Pertama dan utama tiap terima gaji langsung tu cari kotak infaq, jangan lupa shodaqohnya, biar gaji yang kita terima jadi berkah.

-    Sisihkan gaji.
    Sisihkan 10 sampai 30 persen gaji setelah menerima gaji, simpan direkening khusus untuk menabung, atau sekarang sudah ada rekening rencana hampir disemua bank. Sehingga tidak akan terpakai uang dibank tersebut.

-    Prioritas
    Membuat prioritas dalam pengeluaran sangat penting. Dahulukan membayar tagihan-tagihan dan kebutuhan yang primer sebelum membelanjakan uang untuk kepuasan semata. Untuk urusan ini harus disisihkan diawal setelah menerima gaji.

-    Bijak dalam Belanja
    Balanja harus sesuai dengan kebutuhan, jangan berbelanja sesuai keinginan, ini nih yang paling sulit, apalagi kalau melihat ada sale gede- gedean, tangan ranya gatel pingin mengambilnya. Namun pertimbangkan lagi, apakah benar kita membutuhkannnya atau hanya akan memenuhi lemari kita.

-   Jangan Remehkan Uang Receh
    Kita sering menerima kembalian dari Belanja beruba uang receh, simpan dalam dompet tersendiri, uang ini bisa digunakan untuk bayar parkir atau bisa juga lho terkumpul secara tak terduga, bisa untuk beli sesuatu yang kita inginkan.

-    Buat Dana Cadangan
    Dana cadangan ini sangat penting, untuk mengatasi kebutuhan yang tak terduga, misalnya kondangan, membeli hadiah dan lainnya.

-    Investasi
    Investasikan gaji untuk mengikuti asuransi atau mendepositokan uang yang bisa ditarik sesuai perjanjian. Ini sama aja dengan menabung disiplin, kalau boleh jujur, ini susahnya minta ampun. hehe.

Nah semoga dengan tips diatas kita bisa menghemat gaji kita dan bisa menabung untuk masa depan kita :). Ayo dipratekkan bareng - bareng. semoga berhasil.