Tips Berpuasa dalam Perjalanan

mudikBulan suci Ramadan akan segera tiba. Meski libur lebaran masih lama, masyarakat sudah berbondong-bondong antre tiket mudik. Wah kebagian nggak ya?
Untuk menghindari arus mudik besar-besaran, sebagian orang memilih mudik lebih awal. Berikut adalah persiapan dasar saat berpuasa di perjalanan.
Selamat mencoba!

1. Menjaga kebugaran tubuh sebelum melakukan perjalanan. Kesehatan Anda merupakan modal utama untuk menjalani puasa di perjalanan. Konsumsi makanan bernutrisi tinggi membantu tubuh tampil bugar.

2. Persiapan mudik. Pastikan Anda telah mempersiapkan tiket dan segala tetek-bengek di perjalanan. Misalnya, obat anti mabuk, pusing, dan lain-lain.

3. Bekal. Jika Anda mudik dengan anak, bawalah bekal sebagai camilan di perjalanan. Lagi pula makanan di jalan belum tentu baik gizinya. Selain lebih sehat, anak juga tidak rewel minta dibelikan jajan.

4. Penginapan. Bagi Anda yang mudik dengan kendaraan pribadi, persiapkan reservasi penginapan jauh-jauh hari. Lalu lintas mudik rawan kecelakaan karena pengemudi mengantuk. Bila tubuh Anda mulai kecapekan, jangan dipaksa!

Tak perlu tergesa-gesa untuk sampai di tempat tujuan. Yang penting adalah keselamatan Anda. Lalu lintas mudik selalu memakan korban di jalanan. Jadi, berhentilah saat tubuh Anda memang lelah.