Cara Mengubah Sobat Pemalu

sahabat pemaluBatal masuk ekskul, berteman dengan orang yang itu-itu saja, lebih senang menunduk jika saat bertemu orang baru, adalah gambaran sobat kita. Sobat seakan lebih senang berada di balik orang lain dan memilih untuk nggak terlihat. Habis, dia pemalu banget, sih!


Sebagai sobatnya, tentunya gemas dan prihatin dong, dengan sifatnya yang satu ini. Apalagi kalau sifat malunya sampai menghambat sobat untuk lebih maju. Hmm, gimana ya, caranya biar dia lebih berani?

Ajak Sobat Membaur
Jika selama ini kita dan sobat hanya asyik main berdua, libatkan sobat dalam pertemanan kita lainnya. Misalnya, di pertemanan sekitar rumah, di ekskul, dan teman-teman kita lainnya. Selain membuat sobat bertambah teman, sobat juga bisa latihan untuk berkenalan dengan orang baru.

Latihan Ngobrol
Tujuan latihan ini adalah supaya sobat nyaman dengan dirinya sendiri dan lebih terbuka. Caranya dengan membuat sobat lebih banyak bicara dalam obrolan kita. Pancing sobat dengan pertanyaan yang membuatnya harus menjawab lebih banyak daripada pertanyaan kita. Mulai dengan pertanyaan terbuka seperti “Bagaimana?” atau "Ceritakan, dong.”

Pertahankan Kontak Mata
Saat sedang ngobrol berdua dengan sobat, ajak sobat untuk saling menatap mata dan fokus melihat ke arah kita. Awali latihan ini dengan target yang nggak muluk-muluk, misalnya bertahan 10 detik. Lalu naik terus sampai sobat merasa nyaman melakukan kontak mata dengan kita. Oh iya, sampaikan juga ke sobat bahwa menatap mata orang yang mengajak bicara itu artinya kita menyimak dan menghargai si lawan bicara.

Bantu Sobat Lebih Aktif
Ketika kita dan sobat sedang tergabung dalam kelompok tugas atau belajar, kasih kesempatan lebih banyak ke sobat untuk ‘bicara.’ Mulai dari yang sederhana seperti memancing ide dari sobat, membiarkan dia membagi tugas atau memberikan kesempatan presentasi padanya. Semakin aktif sobat, ia bakal semakin tampil dan membuatnya nggak canggung lagi.